BANK KERINCI

SEJARAH DAN GAMBARAN UMUM

Lahirnya  PT. BPR Pembangunan Kerinci (yang selanjutnya disebut BANK KERINCI) terinspirasi dari adanya bank-bank sekunder seperti  bank-bank pasar milik beberapa Pemerintah Kabupaten di Pulau Jawa yang sempat dibawah pembinaan Departemen Dalam Negeri dimana salah seorang staffnya putra daerah Kerinci yaitu Mairizal Meirad yang saat itu tugas di Subdit Bina Perbankan Daerah pada Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah (PUOD), Departemen Dalam Negeri. Berdasarkan pengalaman yang ada setelah tidak lagi sebagai Staff Departemen Dalam Negeri karena pindah ke PT. Asuransi Bangun Askrida. Pada tahun 2003, timbul ide/ gagasan dari Mairizal Meirad untuk mendirikan suatu Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Kabupaten Kerinci pada tahun 2003 dimana saat itu pengusaha mikro di Kabupaten Kerinci banyak yang membutuhkan modal untuk berusaha sangat banyak, sedangkan lembaga perbankan yang perduli terhadap pengusaha mikro sangat kecil, sehingga tidak sedikit para pengusaha mikro mendapat pinjaman untuk berusaha melalui para rentenir yang menetapkan suku bunga tinggi dengan jangka waktu yang pendek sehingga para peminjam tersebut tidak mampu membayar pinjaman tersebut sehingga akhirnya agunan yang diberikan jatuh ke tangan para rentenir tersebut.

Pada awalnya gagasan itu adalah untuk mendirikan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) milik Pemerintah Kabupaten Kerinci seperti di beberapa Kabupaten di Pulau Jawa, namun atas pertimbangan prosesnya lama karena birokrasi dan adanya keinginan dari beberapa tokoh masyarakat Kerinci diperantauan juga mau menjadi Pemegang Saham, maka akhirnya disepakati badan hukum BPR Pembangunan Kerinci itu berbentuk PT (Persero) dengan nama tetap BPR Pembangunan Kerinci. Maka untuk mengatasi hal tersebut dan merealisasikan gagasannya dengan didukung oleh Bapak Fauzi Siin , Bupati Kerinci, dan Wakil Bupati Kerinci, Hasani Hamid, pada saat tersebut melakukan pertemuan dengan hasilnya sebagai berikut:

  1. Sepakat dan setuju untuk mendirikan Bank di Kabupaten Kerinci dengan nama PT. BPR Pembangunan Kerinci;
  2. Modal Dasar ditetapkan sebesar Rp.2.000.000.000,- (Dua Milyar Rupiah) dan Modal Disetor sebesar Rp.500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rupiah);
  3. Membentuk Panitia/ Team pengurusan izin pendirian BPR;
  4. Menginventarisir calon-calon pemegang saham terutama para perantau yang sukses diluar daerah Kerinci serta orang yang peduli dengan perbankan.

Pada mulanya calon pemegang saham didapati sebanyak 24 (dua puluh empat) orang dan setelah diseleksi kembali calon pemegang saham sampai saat ini berjumlah 12 (dua belas) orang. Rencana pendirian didukung dengan fasilitas pendidikan dan pelatihan PT. BPR Pembangunan Kerinci oleh BPD Sumbar (Bank Nagari) yang pada saat itu Dirut-nya Syamsir Alam, Direksi Anis Muchtar, dan Syafruddin Noor yang juga ikut sebagai pemegang saham memberi fasilitas pendidikan dan pelatihan kepada calon pegawai.

Dalam kurun waktu pengurusan izin pendirian BPR ini terjadilah beberapa kali  pergantian calon pemegang saham dan juga calon2 pengurus karena sesuatu dan lain hal.

Pemegang Saham Awal Berdiri Bank Kerinci

NONamaAlamat
1Budi Satria IsmanJakarta
2H. Mairizal Meirad, SE, MMJakarta
3Hj. Roslaini Rasid, S. PdPadang
4HJ. Djasri Murni, SHJambi
5Hj. Hawani HasaniJambi
6Ir. H. Havizal RahmanSurabaya
7Drs. H. Milyono, M. KesPekanbaru
8H. Mohammad Dalil, SHKerinci
9H. Tafyani Kasim, B.ScPadang
10H. Anis Mukhtar, SEPadang
11H. Syafruddin Nur, SEPadang
12Zulfan, SEKerinci

Pemegang Saham Saat Ini Periode 2019

NONAMAALAMATKETERANGAN
1Budi Satria IsmanJakarta28,74 %
2Ir. H. Havizal RahmanJakarta17,52 %
3Hj. Hawani HasaniJambi14,33 %
4H. Mairizal Meirad, SE. MMJakarta13,88 %
5H. Tafyani Kasim, B.ScPadang10,55 %
6Drs.H. Milyono, M. KesPekanbaru5,72 %
7H. Mohammad Dalil, SHKerinci4,08 %
8H. Zulfan, SEKerinci2,27 %
9H. Anis Mukhtas, SEPadang2,12 %

Pemegang Saham Saat Ini Periode 2021

NONAMAALAMATKETERANGAN
1Budi Satria IsmanJakarta29,73 %
2Ir. H. HAvizal RahmanJakarta18,08 %
3Hj. Hawani HasaniJambi14,86 %
4H. Mairizal Meirad, SE, MMJakarta14,35 %
5H. TAfyani Kasim, B.ScPadang10,85 %
6H. Mohammad Dalil, SHKerinci4,18 %
7H. Firwan TanPadang4,06 %
8H. Anis MukhtarPadang2,17 %
9Drs. H. Milyono M. KesPekanbaru1,72 %